oleh

Pemkab Sumenep Gelar Lomba Memasak Berbahan Ikan

SUMENEP, (News Madura) — Untuk menumbuhkan minat masyarakat gemar makan ikan Pemerintah kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, melalui Dinas perikanan menggelar sosialisasi dan lomba masakan yang berbahan baku ikan. Rabu (3/7/2019) makam, di Taman Adipura.

Sosialisasi gemarikan yang mengambil tema “Menu Ragam Masakan Ikan untuk Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat” itu dihadiri langsung Bupati Sumenep, Ketua Forikan Sumenep, ketua DPRD Sumenep, Sekdakab Sumenep, perwakilan dari Dinas Perikanan Provinsi, Forkopimda Sumenep, para pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) para Camat se-Kabupaten Sumenep.

Kepala Dinas Perikanan Sumenep, Arief Rusdi, dalam sambutannya menyampaikan, agenda yang digelar rutin setiap tahun ini bertujuan merangsang minat masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan.

Baca: Rangsang Masyarakat Gemar Konsumsi Ikan, Pemkab Sumenep Gelar Lomba Memasak Berbahan Ikan

“Sosialisasi yang dikemas dengan lomba ini untuk mendorong masyarakat Sumenep dapat meningkatkan konsumsi ikan, karena manfaat ikan cukup besar, selain sangat bagus untuk kesehatan dan kecerdasan, juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” terang Arief Rusdi.

Upaya pemerintah menggalakkan konsumsi ikan di ujung timur pulau garam ini, untuk mendorong ketahanan pangan Indonesia dan mempersiapkan generasi emas Indonesia pada tahun 2050.

Sementara itu, Ketua Forikan Sumenep Nurfitriana Busro menyampaikan, konsumsi ikan di Kabupaten Sumenep, telah melebihi rata rata konsumsi ikan Jawa Timur, hal itu terbukti dari data konsumsi ikan di Sumenep mencapai 55kg/tahun/kapita sedangkan Jawa Timur hanya 33kg/tahun/kapita,” ungkapnya.

Selain itu, manfaat yang didapat dari gemar mengkonsumsi ikan, lanjut politisi PKB ini, mampu menekan tingginya penderita Stunting (kekurangan gizi kronis) di Sumenep.

“Kabupaten Sumenep merupakan tertinggi se Indonesia dalam penurunan Stunting sampai mencapai 18,5%, hal itu juga dipicu tingginya konsumsi ikan,” sebut bunda Fitri.

Sebagai upaya terus mendorong peningkatan gemar konsumsi ikan, Pemerintah Kabupaten Sumenep akan terus memberikan suport melalui gerakan PKK dan organisasi lainnya dengan memberikan sosialisasi tentang manfaat konsumsi ikan.

“Kita akan terus support, agar tingkat konsumsi ikan Sumenep terus meningkat, lewat sosialisasi dan gerakan lain dari sejumlah organisasi yang ada,” janjinya.

Bupati Sumenep A. Busyro karim, mengapresiasi kegiatan gemar makan ikan, menurutnya, walau ikan merupakan makanan pendamping nasi, namun dalam ikan terdapat kandungan protein dan omega 3 yang sangat tinggi dan baik untuk tubuh, Selain itu ikan merupakan sajian menu makanan yang ekonomis dan praktis.

“Mari kita bersama sama tingkatkan program gemar makan ikan bagi masyarakat Sumenep,” terangnya.

Gemar konsumsi ikan selain sangat baik bagi pertumbuhan anak, lanjut orang nomor satu di lingkungan Pemkab Sumenep ini, juga baik untuk Ibu hamil dan menyusui, manfaat yang bisa juga diambil adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumenep.

“Potensi kelautan Sumenep sangat besar, yang mana laut kabupaten Sumenep sampai mencapai lebih 50.000 meter persegi, sehingga potensi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat sangat tinggi,” pungkasnya. [dewi/faid]

Artikel di atas telah terbit di newsindonesia.co.id dengan judul :Rangsang Masyarakat Gemar Konsumsi Ikan, Pemkab Sumenep Gelar Lomba Memasak Berbahan Ikan

Komentar

News Feed